Profile Picture

Customer Service
Balasan dalam 1 menit

Customer Service
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
628111775117
×
Profile Picture

Customer Service

Active Now

Profile Picture

Customer Service

Active Now

Mengenal Online Assessment Test di Perusahaan

online assessment test

Saat ini, semakin banyak perusahaan yang menggunakan online assessment test sebagai bagian dari proses rekrutmen. Tes ini dapat kandidat kerjakan secara online dan memerlukan waktu yang relatif singkat untuk menyelesaikannya. Namun, hal ini tidak berarti tes ini mudah atau diabaikan begitu saja karena dapat mempengaruhi hasil keputusan dalam proses rekrutmen.

Ada beberapa jenis tes, seperti tes numerik, verbal, logika, kepribadian, dan sebagainya. Pastikan Anda mengetahui jenis tes yang akan kandidat kerjakan untuk mempersiapkan mereka sesuai dengan kebutuhan tes tersebut. Adanya instruksi yang jelas dapat membuat kandidat memahami setiap detail soal dan waktu yang tersedia untuk setiap sesi tes.

Pengertian Online Assessment Test

Assessment adalah suatu metode pengukuran untuk menilai pemahaman dan kemampuan kandidat dalam suatu bidang atau pembelajaran tertentu. Tujuan dari tes ini adalah untuk memastikan tingkat pengetahuan dan keterampilan peserta. Online assessment test merupakan proses evaluasi terstruktur terhadap aspek keterampilan, karakteristik, pengetahuan, atau keahlian kandidat. 

Tes ini dapat kandidat lakukan secara online dengan menggunakan teknologi berbasis web modern. Penilaiannya dapat berbentuk soal numerik, logika induktif, penilaian verbal, kuesioner kepribadian, dan jenis tes lainnya. Penilaian ini melibatkan serangkaian pertanyaan yang relevan dengan berbagai aspek berdasarkan peran pekerjaan, posisi, serta persyaratan kompetensi. 

Jenis-jenis Online Assessment Test

online assessment test

Melalui penilaian ini, Anda dapat memperoleh bantuan dalam mengambil keputusan apakah kandidat memiliki kompetensi dan keterampilan yang sesuai dengan posisi yang perusahaan butuhkan. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk membuat proses rekrutmen kandidat menjadi singkat. Jenis online assessment test dibagi menjadi tiga kategori berdasarkan tujuannya, yaitu:

1. Online assessment test untuk penilaian keterampilan kerja 

Tes penilaian ini bertujuan untuk mengevaluasi keterampilan kerja kandidat. Hal ini umumnya perusahaan gunakan untuk menyaring ratusan bahkan ribuan kandidat yang melamar, sehingga hanya tersisa kandidat dengan bakat, keterampilan, dan pengetahuan yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Tes penilaian ini biasanya perusahaan terapkan saat melakukan rekrutmen di universitas. Assessment ini terdiri dari beberapa jenis, termasuk penilaian psikometrik yang meliputi penilaian kepribadian dan aspek kognitif kandidat, serta penilaian perilaku. Selain itu, tes juga dapat meliputi penilaian teknis yang berkaitan dengan posisi yang kandidat lamar, serta penilaian kemampuan berkomunikasi.

2. Online assessment test untuk tujuan pengembangan organisasi

Jenis online assessment test ini bertujuan untuk pengembangan organisasi. Hal ini menuntut karyawan untuk terus meningkatkan keterampilan dan bakat mereka agar dapat tetap bersaing dalam industri yang kompetitif. Untuk memenuhi kebutuhan ini, Anda perlu mengidentifikasi kebutuhan pelatihan tenaga kerja dengan menggunakan penilaian pra-pelatihan.

Setelah itu, Anda dapat mengidentifikasi keterampilan dan menyusun rencana pengembangan berdasarkan laporan penilaian. Selanjutnya, Anda dapat menganalisis efektivitas pelatihan dengan melakukan evaluasi pasca pelatihan yang membantu memahami proses pengembangan keterampilan karyawan.

3. Online assessment test dalam pendidikan

Tes penilaian ini merupakan salah satu komponen penting yang memberikan dampak signifikan pada struktur pembelajaran holistik. Evaluasi pendidikan daring mengarah pada suatu proses sistematis dalam mencatat dan memanfaatkan data empiris tentang keterampilan individu dan pengetahuan mata pelajaran berbasis kursus. 

Metode penilaian ini dapat membantu tenaga pengajar menyelaraskan hasil belajar dengan metodologi pengajaran. Hal ini bertujuan untuk memberikan proses pembelajaran yang lebih efektif untuk pelajar. Oleh sebab itu, tes ini menjadi suatu analisis yang tidak memihak dari pelajar baik secara individu maupun keseluruhan secara kolektif.

Tujuan Adanya Online Assessment Test

Tujuan dari online assessment test adalah membantu perusahaan dalam merekrut karyawan yang memiliki kemampuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk posisi tertentu. Tes ini memungkinkan Anda untuk mengevaluasi kandidat dengan cara yang lebih terstruktur, sehingga memungkinkan Anda untuk membuat keputusan yang lebih baik dan objektif dalam proses rekrutmen.

Selain itu, tes ini dapat membantu Anda dalam mengembangkan karyawan yang sudah ada. Oleh karena itu, Anda dapat memastikan bahwa karyawan mempunyai keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk menghadapi tuntutan pasar industri yang semakin ketat dan kompetitif.

Baca juga: Pentingnya Assessment Program bagi HR Perusahaaan

Persiapan Sebelum Mengerjakan Online Assessment Test

Dalam era kemajuan teknologi, banyak perusahaan yang memilih untuk mengadakan assessment secara online. Dengan online assessment, kandidat dapat mengikuti serangkaian tes yang diselenggarakan oleh perusahaan tanpa harus datang secara langsung ke lokasi. Namun, sebelum mengikuti online assessment, terdapat beberapa persiapan yang harus kandidat lakukan:

1. Memastikan perangkat sesuai dengan sarana pengerjaan

Untuk mengikuti tes online, kandidat membutuhkan perangkat elektronik sebagai media pelaksanaannya. Pastikan bahwa perangkat yang Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, Anda harus memperhatikan instruksi yang perusahaan berikan dengan baik. Beberapa situs psikotes online merekomendasikan penggunaan browser tertentu untuk memastikan kelancaran pelaksanaan tes.

2. Mempunyai koneksi internet yang stabil

Gangguan koneksi dapat mempengaruhi kinerja dan hasil pengerjaan dalam tes tersebut. Anda juga harus mempertimbangkan bahwa tidak semua situs psikotes online dapat menyimpan hasil tes Anda jika terjadi pemutusan koneksi internet, sehingga harus memulai kembali dari awal. Oleh karena itu, penting untuk memastikan kecepatan dan stabilitas koneksi internet yang Anda gunakan. 

3. Mempunyai kondisi fisik dan mental yang sehat

Meskipun tidak berkaitan langsung dengan tes itu sendiri, kondisi saat menjalani tes harus dalam keadaan yang baik dan fokus. Oleh karena itu, menjaga kesehatan fisik dan mental sangat penting. Sebaiknya, Anda mempersiapkan diri untuk penilaian ini beberapa hari sebelumnya agar tidak perlu lagi belajar dan mengurangi tingkat stres pada saat hari pengerjaan.

4. Berada di dalam situasi yang kondusif

Sebelum memulai tes, pastikan Anda berada di dalam lingkungan yang kondusif. Anda dapat melakukan tes di ruangan yang tenang untuk menghindari distraksi. Pastikan pula bahwa gadget Anda dalam keadaan silent, agar tidak mengganggu konsentrasi selama tes berlangsung. Selain itu, Anda dapat memberi tahu orang di sekitar bahwa Anda sedang melakukan tes dalam jangka waktu tertentu.

5. Menjawab soal dengan jujur

Soal-soal dalam assessment tidak hanya terdiri dari jawaban benar atau salah. Oleh karena itu, sangat penting untuk menjawab dengan jujur dan sesuai dengan keadaan diri saat mengikuti tes. Hal ini bertujuan agar hasil penilaian yang memiliki validitas yang tinggi. 

Keuntungan Mengadakan Online Assessment Test

online assessment test

Banyak perusahaan dan kandidat menyambut adanya kehadiran online assessment test dengan baik. Keuntungan yang diperoleh dari penilaian ini akan bergantung pada jenis software penilaian yang perusahaan gunakan, sehingga dapat mengurangi beban administratif bagi perusahaan dalam mengatur dan menjalankan tes. Berikut adalah beberapa manfaat utama dari adanya tes ini:

1. Menghemat biaya

Dalam penilaian online, biaya yang keluar jauh lebih sedikit dibandingkan dengan tes tatap muka karena memerlukan biaya besar seperti sewa ruang ujian, sewa pengawas, pengiriman kertas ujian, mencetak kertas ujian, memeriksa jawaban, dan penyimpanan kertas tes. Oleh karena itu, sistem ini sangat hemat biaya bahkan untuk sejumlah kecil kandidat yang melakukan penilaian online.

2. Meningkatkan fleksibilitas bagi kandidat

Kandidat sangat memperhatikan waktu yang mereka miliki. Sistem ini memungkinkan fleksibilitas yang lebih besar bagi kandidat dalam memilih lokasi dan waktu pelaksanaan penilaian online mereka. Selain itu, kandidat mempunyai kesempatan untuk memilih tanggal dan waktu yang sesuai. Fleksibilitas seperti ini menjadi keuntungan yang signifikan terutama bagi kandidat yang bekerja penuh waktu dan dapat menjadi keunggulan kompetitif.

3. Mudah digunakan oleh kandidat

Para kandidat yang mengikuti tes secara daring juga merasakan manfaat dengan mengikuti praktik standar, di mana jawaban yang tertulis dapat Anda edit dengan mudah dan analisis numerik dapat Anda lakukan melalui spreadsheet, tidak seperti tes pada kertas. Selain itu, terdapat manfaat tambahan karena tidak perlu menulis dalam waktu yang lama, sehingga kandidat bisa menjadi mudah dalam menggunakan assessment test online.

4. Menjaga integritas

Sistem ini memberikan kesempatan yang sama bagi semua kandidat dan memastikan integritas ujian tetap terjaga. Selain itu, perusahaan memiliki kendali penuh atas setiap kertas ujian, sehingga mereka dapat memutuskan secara tepat mengenai kapan dan oleh siapa kertas tersebut dilihat, serta semua akses tercatat dengan baik.

Kesimpulan

Tes penilaian menjadi kebutuhan penting bagi perusahaan dalam memilih kandidat yang tepat. Dalam era digitalisasi, sistem ini memberikan banyak keuntungan, seperti menghemat waktu dan biaya, meningkatkan efisiensi dan akurasi dalam proses rekrutmen, serta memberikan kesempatan yang lebih luas untuk memilih kandidat yang berkualitas dari berbagai wilayah geografis. 

Untuk memaksimalkan online assessment test, Anda dapat menggunakan sistem EVA sebagai salah satu kunci keberhasilan dalam mendapatkan karyawan yang tepat dan berkualitas sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Oleh karena itu, segera daftar dan dapatkan demo gratis!